Membangun Budaya Positif Sekolah: Pelatihan Kepemimpinan Instruksional untuk Kepala Sekolah TK di Driyorejo oleh TIM PKM Manajemen Pendidikan, FIP Unesa

mp.fip.unesa.ac.id – Selasa (13/05/2025) Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Unesa kembali melaksanakan giat pelatihan dalam bentuk komitmen memenuhi Tridharma Perguruan Tinggi. Kegiatan ini dibuka oleh Koordinator Program Studi S1 Manajemen Pendidikan, Dr. Syunu Trihantoyo, M.Pd. dan dihadiri oleh pengawas dan seluruh kepala sekolah se – IGTKI Kecamatan Driyorejo, Gresik. Kegiatan ini mengusung tema pelatihan “Penguatan Kepemimpinan Instructional Kepala Sekolah Jenjang Taman Kanak – Kanak dalam Membangun Budaya Positif Sekolah”. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan pada hari Selasa, 6 Mei 2025 berlokasi di UPT Driyorejo, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Kegiatan ini melibatkan kepala sekolah se – IGTKI Kecamatan Driyorejo, Gresik sebagai sasaran utama pelatihan. Kegiatan ini berlangsung pada pukul 08:00 – 12:00 WIB.
Materi dalam kegiatan Pelatihan ini disampaikan oleh Narasumber yang merupakan seorang ahli yakni dosen program studi manajemen pendididkan Shelly andari, M.Pd. yang memberikan materi yang mendalam mengenai pentingnya kepemimpinan instruksional dalam menciptakan lingkungan belajar yang berkualitas. Para kepala sekolah diajak untuk memahami berbagai strategi kepemimpinan yang dapat diterapkan di sekolah mereka. Selama sesi pelatihan, peserta terlibat dalam diskusi interaktif yang memungkinkan mereka untuk berbagi pengalaman dan tantangan yang dihadapi dalam menjalankan tugas mereka. Diskusi ini tidak hanya memperkaya wawasan, tetapi juga membangun jaringan antar kepala sekolah yang saling mendukung.
Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah para kepala sekolah dapat menerapkan strategi kepemimpinan yang lebih baik di sekolah mereka. Dengan demikian, kualitas pembelajaran dan pengelolaan sekolah di tingkat TK dapat meningkat secara signifikan. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk menjalin kerjasama yang lebih baik antara kepala sekolah dan tenaga pendidik, demi kemajuan pendidikan anak usia dini. Kegiatan PKM ini diakhiri dengan sharing situasi nyata yang dihadapai oleh para kepala sekolah sehari - hari, melalui kegiatan ini diharapakan peserta merasa termotivasi untuk menerapkan ilmu yang didapat dalam praktik sehari-hari. Diharapkan, kegiatan ini dapat memberikan dampak positif bagi pengembangan pendidikan di tingkat TK dan meningkatkan kualitas kepemimpinan di sekolah-sekolah. [olv]