Revolusi Pendidikan: Big Data Jadi Kunci Peningkatan Mutu Belajar di Indonesia

mp.fip.unesa.ac.id – Rabu (09/04/2025) Pemanfaatan teknologi big data kini menjadi pilar utama dalam peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia. Melalui penerapan sistem analitik canggih, pemerintah dan institusi pendidikan mulai dapat memetakan kebutuhan siswa dengan lebih akurat dan efisien.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah meluncurkan sebuah inisiatif baru yang dinamakan EduData+, sebuah platform yang mengintegrasikan data siswa, kurikulum, dan performa belajar dari seluruh Indonesia. Dengan adanya EduData+, sekolah-sekolah dapat mengidentifikasi pola belajar siswa, mendeteksi kesulitan pemahaman, dan merekomendasikan metode pembelajaran yang paling sesuai.
Lebih dari sekadar itu, big data juga membuka peluang untuk mengembangkan kurikulum yang berbasis pada kebutuhan riil masyarakat dan dunia kerja. Data tentang tren industri yang terhubung langsung dengan sistem pendidikan memungkinkan institusi vokasi untuk mempersiapkan lulusan yang lebih siap bersaing.
Langkah ini disambut positif oleh para pakar pendidikan. Prof. Siti Lestari dari Universitas Pendidikan Indonesia mengungkapkan bahwa pemanfaatan big data dapat membantu mengurangi kesenjangan kualitas antar daerah dan meningkatkan efisiensi anggaran pendidikan. "Era pendidikan satu untuk semua sudah berlalu. Saatnya untuk mengimplementasikan pembelajaran yang dipersonalisasi dengan data sebagai panduannya," tambahnya.
Dengan dukungan teknologi yang mumpuni dan kebijakan yang adaptif, Indonesia diharapkan dapat mencetak generasi unggul yang tidak hanya cerdas, tetapi juga relevan dengan perkembangan zaman. [art]
Narasi dan Gambar ini dibuat dengan bantuan AI