Pendidikan 4.0: Mengintegrasikan Teknologi ke dalam Kurikulum

mp.fip.unesa.ac.id –
Sabtu (21/12/24) Pendidikan 4.0 adalah konsep yang
menempatkan teknologi sebagai inti dari proses belajar. Kurikulum dirancang
agar siswa tidak hanya memahami teori, tetapi juga mampu memanfaatkan teknologi
dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini bertujuan untuk mencetak generasi yang
siap menghadapi era industri 4.0.
Namun,
integrasi teknologi ke dalam kurikulum memerlukan perubahan signifikan. Guru
harus dilatih untuk mengajar menggunakan teknologi, sementara siswa diajarkan
literasi digital sejak dini. Tantangan ini menjadi semakin kompleks di wilayah
yang kurang mendukung infrastruktur teknologi.
Meski
demikian, pendidikan 4.0 menawarkan banyak peluang untuk meningkatkan kualitas
pembelajaran. Dengan teknologi, siswa dapat belajar secara kolaboratif dan
kreatif. Jika diterapkan dengan benar, pendidikan berbasis teknologi dapat
menciptakan generasi yang lebih inovatif dan adaptif. (sta)
‘Narasi
dan Gambar dibyat dengan bantuan AI’