Mimpi Pendidikan Berkualitas Daerah Terpencil di Tengah Kekurangan Guru

mp.fip.unesa.ac.id – (12/12/24) Masalah kekurangan guru di daerah terpencil masih menjadi isu serius dalam pendidikan di Indonesia. Banyak sekolah di pelosok hanya memiliki satu atau dua guru untuk mengajar semua mata pelajaran, termasuk di jenjang sekolah dasar. Hal ini menyebabkan siswa di daerah tersebut kesulitan mendapatkan pembelajaran yang layak dan berkualitas.
Upaya pemerintah seperti penempatan guru honorer dan program pengiriman tenaga pendidik muda mulai membantu, tetapi belum cukup untuk mengatasi akar permasalahan. Banyak guru enggan ditempatkan di daerah terpencil karena akses yang sulit dan fasilitas yang minim. Solusi jangka panjang seperti insentif yang lebih menarik dan pelatihan khusus untuk guru di daerah ini perlu segera diterapkan.
Selain itu, pemanfaatan teknologi seperti kelas virtual bisa menjadi alternatif untuk menjangkau siswa di daerah terpencil. Dengan dukungan infrastruktur yang memadai, pendidikan di wilayah pelosok Indonesia dapat perlahan membaik. (sta/nna)
Narasi dan Gambar dibuat dengan bantuan AI