MENUJU AKREDITASI INTERNASIONAL, MANAJEMEN PENDIDIKAN MELAKUKAN PERSIAPAN DENGAN PERGANTIAN KURIKULUM OBE (OUTCOME-BASED EDUCATION)
mp.fip.unesa.ac.id - Sejak ditetapkan berakreditasi unggul oleh BAN-PT pada 14 Februari 2023, kini Jurusan S1 Manajemen Pendidikan menuju ke babak baru yakni persiapan akreditasi Internasional. Adapun salah satu persiapan yang dilakukan adalah pergantian kurikulum OBE.
Kurikulum OBE (Outcome-Based Education) merupakan kurikulum yang berfokus pada pencapaian pembelajaran yang mana pendidikan tidak hanya berpusat pada materi yang harus diselesaikan namun juga outcome di mana mahasiswa diharapkan dapat mencapai aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap.
Kurikulum OBE merupakan kurikulum yang harus diadopsi oleh semua perguruan tinggi sesuai dengan ketetapan Kemenristekdikti. Kurikulum OBE ini juga bertujuan untuk mereskontruksi kembali matakuliah-matakuliah yang memang kekinian/relevan dengan perkembangan zaman dan yang menjadi tagihan dalam Kemenristekdikti.
Dalam perubahan kurikulum terdapat tahap Sectioning dan uji publik sebelum kurikulum disahkan apakah kurikulum dapat digunakan atau tidak. Jurusan S1 Manajemen Pendidikan sudah menyelesaikan pergantian kurikulum OBE dan sedang dalam tahap mensubmit/uji publik untuk akreditasi Internasional.
Dalam perubahan kurikulum tentu saja terdapat banyak tantangan karena kurikulum tidak dapat diubah dengan semena-mena tanpa melalui tahapan-tahapan yang harus dilalui dalam perubahan kurikulum. Bu Ayu Wulandari, M.Pd. selaku UPM mengatakan “Ketika kita membuat perubahan atau reskontruksi perubahan kurikulum. Artinya kita harus sectioning kepada ahlinya, kemudian uji public kepada mitra perguruan tinggi kususnya di S1 manajemen Pendidikan.”
Perubahan kurikulum ini dapat berhasil karena keterlibatan semua pihak di dalamnya, diantaranya Stake-Holder, Dinas Pendidikan, Kepala Sekolah serta para Pengguna atau Mitra S1 Manajemen Pendidikan. Selain itu terdapat pimpinan dalam proses pergantian kurikulum yang berperan membantu dalam proses pergantian kurikulum dari awal hingga terbentukknya kurikulum serta merancang apa saja yang menjadi reskontruksi dalam perubahan kurikulum.
Dengan hadirnya kurikulum OBE yang diterapkan di S1 Manajemen Pendidikan, diharapkan mata kuliah yang sudah direskontruksi menjadi kekinian untuk menghadapi era yang begitu cepat mampu menciptakan lulusan S1 Manajemen Pendidikan yang tidak hanya memiliki kuantitas melainkan juga kualitas. “Harapan saya untuk Manajemen Pendidikan yaitu, terus berbenah, memperbaik diri, memperindah diri dan terus belajar untuk terus melakukan perubahan-perubahan (bagi MP)” lanjut Ibu Ayu Wulandari, S.Pd. (sta/al/nna)