Menggali Akar Permasalahan Belajar: Dosen Manajemen Pendidikan Mempersiapan Mahasiswa Thaksin University Pre-Service Teachers

mp.fip.unesa.ac.id – Tuesday (14/11/2023) Minggu pertama kegiatan Lecturer Exchange di Thaksin University, Bu Shelly Andari, S.Pd., M.Pd mengajar di Pre-Service Teachers' Preparation Class. Fokus utama mata kuliah ini adalah mempersiapkan mahasiswa untuk magang di sekolah, dengan poin pentingnya adalah meningkatkan kompetensi mereka dalam proses pengajaran. Salah satu proyek menarik yang mereka hadapi adalah Lesson Study, yang dilakukan secara kelompok untuk memperkuat pembelajaran melalui supervisi.
Proyek pertama ini menantang mahasiswa untuk melakukan Lesson Study dengan tahap awal yaitu mengidentifikasi permasalahan di dalam kelas. Mereka memilih fokus pada masalah ketidakkonsistenan perhatian siswa selama pembelajaran. Tugas mereka adalah menggali akar permasalahan ini dan mengembangkan solusi yang dapat diterapkan dalam rencana pembelajaran berikutnya.
Dalam kelompok, mahasiswa bekerja sama untuk menyusun analisis mendalam mengenai penyebab kurangnya fokus siswa. Diskusi mereka mencakup berbagai aspek, mulai dari lingkungan kelas hingga gaya pengajaran yang mungkin perlu disesuaikan. Setelah mengidentifikasi akar permasalahan, mahasiswa dengan tekun merumuskan solusi yang praktis, yang kemudian diintegrasikan dalam rencana pembelajaran.
Langkah selanjutnya adalah implementasi rencana pembelajaran di kelas, dengan satu mahasiswa berperan sebagai guru model dan yang lainnya sebagai pengamat. Mereka memerhatikan dengan cermat respons siswa terhadap perubahan dalam pendekatan pembelajaran. Keberhasilan atau kegagalan rencana pembelajaran diukur melalui respons langsung siswa dan dianalisis secara sistematis oleh mahasiswa.
Setelah pelaksanaan, mahasiswa merangkum pengamatan mereka dalam laporan evaluasi yang nantinya akan disampaikan kepada Kepala Sekolah. Presentasi ini dirancang tidak hanya untuk memberikan informasi, tetapi juga sebagai kontribusi konstruktif untuk meningkatkan kompetensi guru di sekolah tersebut.
Melalui Lesson Study dan Lecturer Exchange, mahasiswa di Thaksin University tidak hanya mendapatkan pemahaman mendalam tentang tantangan pengajaran, tetapi juga terlibat secara aktif dalam memberikan kontribusi positif untuk meningkatkan kualitas pendidikan di tingkat sekolah. Proses ini tidak hanya menciptakan lingkungan belajar yang kolaboratif, tetapi juga memberikan pengalaman berharga dalam menghadapi situasi nyata dalam dunia pendidikan.