Manajemen Pendidikan di Era AI: Adaptasi atau Tertinggal

mp.fip.unesa.ac.id –
Kamis (28/11/24) Di
era Artificial Intelligence (AI), mahasiswa dan dosen Manajemen Pendidikan (MP)
dihadapkan pada pilihan untuk beradaptasi atau tertinggal. Pemahaman tentang
teknologi AI menjadi kunci untuk tetap relevan di tengah persaingan global yang
semakin ketat. Institusi pendidikan harus mendorong penguasaan AI agar mampu
menghadapi perubahan ini dengan percaya diri.
Pengintegrasian AI dalam manajemen
pendidikan dapat meningkatkan efisiensi dalam pengambilan keputusan, seperti
menganalisis data siswa atau menyusun strategi pembelajaran berbasis bukti.
Mahasiswa MP yang memahami teknologi ini akan lebih mudah merancang sistem
pendidikan yang inovatif. Sementara itu, dosen dapat menggunakan AI untuk
mempermudah proses riset dan pengembangan materi pembelajaran.
Namun, keterlambatan dalam
mengadopsi teknologi ini bisa membuat institusi pendidikan kehilangan daya
saing. Oleh karena itu, pelatihan dan investasi dalam teknologi pendidikan
menjadi langkah strategis yang tidak bisa diabaikan. Dengan kolaborasi antara
mahasiswa, dosen, dan institusi, transformasi ke arah pendidikan berbasis AI
dapat tercapai dengan sukses.
Adaptasi terhadap teknologi AI bukan
hanya tentang menguasai alat baru, tetapi juga memahami bagaimana
menggunakannya untuk menciptakan dampak yang lebih besar. Di sinilah peran
penting Manajemen Pendidikan sebagai motor perubahan dalam menghadapi tantangan
era digital. (sye)
Narasi
dan Gambar dibuat dengan bantuan AI