Big Data untuk Evaluasi Pendidikan: Apakah Sudah Diterapkan?

mp.fip.unesa.ac.id – Rabu (16/04/2025) Di zaman digital saat ini, big data telah menjadi salah satu alat yang krusial dalam mendukung proses pengambilan keputusan, termasuk dalam bidang pendidikan. Dengan memanfaatkan big data, pihak pemerintah dan lembaga pendidikan dapat menilai proses pembelajaran secara lebih objektif dan komprehensif. Informasi seperti tingkat kehadiran siswa, hasil evaluasi, serta keterlibatan dalam kegiatan belajar dapat dikumpulkan dan dianalisis secara langsung.
Beberapa wilayah di Indonesia telah mulai menerapkan teknologi ini melalui sistem pengelolaan pendidikan berbasis digital. Namun, implementasinya masih belum merata dan menghadapi berbagai tantangan, seperti keterbatasan sarana serta kesiapan sumber daya manusia yang belum optimal. Padahal, dengan penggunaan yang tepat, big data bisa membantu dalam mengidentifikasi masalah pendidikan sejak awal dan merumuskan kebijakan yang lebih terarah.
Pemanfaatan big data juga memungkinkan terjadinya evaluasi berbasis bukti yang jauh lebih tepat dibandingkan dengan metode tradisional. Selain itu, para guru dan kepala sekolah dapat menerima umpan balik dengan cepat untuk memperbaiki teknik pengajaran mereka. Oleh karena itu, kerja sama antara pemerintah, pengembang teknologi, dan lembaga pendidikan sangat diperlukan agar pemanfaatan big data tidak hanya menjadi ide semata, tetapi benar-benar menghadirkan perubahan signifikan dalam sistem pendidikan di tanah air. [sar]
Narasi dan gambar ini dibuat dengan bantuan AI